• Jam Buka Toko: 08.00 s/d 17.00
  • Status Order
  • Tlp: 081234944443
  • SMS/WA: 081234944443
  • BBM : 5B21243B
  • isa.mansur24@gmail.com
Terpopuler:

Kopi Toraja Sapan

10 September 2015 - Kategori Blog

Kondisi topografi Tana Toraja berada di daerah pegunungan, berbukit dan berlembah. Yang mana areanya terdiri dari 40% pegunungan dengan ketinggian antara 150 m s/d 3.083 m di atas permukaan laut (dataran tinggi 20%, dataran rendah 38%, rawa-rawa dan sungai 2%). Bagian terendah kabupaten ini, berada di Kecamatan Bonggakaradeng dan tertinggi Kecamatan Rindinggallo. Kondisi tersebut menjadikan kabupaten ini kaya akan keragaman obyek wisata alam dan budaya yang hingga kini tetap terjaga dan terpelihara.

Menu khas makanan Toraja  yang dapat Anda cicipi adalah pakpiong ayam, sayur  daun ubi yang di tumbuk, sate keong, puding labu dan banyak menu khas lainnya yang khas dengan menggunakan media alas daun pisang. Pa’piong yaitu masakan tradisional Toraja yang dimasukkan ke dalam bambu berisi daging babi, daging kerbau, daging ikan mas. Namun, dagingnya tidak dicampur satu dengan yang lain tetapi dicampur dengan sayur dan bumbu. Sayurnya (utan bulunangko) atau sayur mayana yang kadang menggunakan buah nangka muda atau batang pisang.

Tak lengkap jika Anda berkunjung ke Tana Toraja tanpa menikmati kopi toraja. Kopi toraja adalah satu minuman yang dicari oleh setiap orang yang berkunjung ke Toraja. Kopi Toraja sangat terkenal dan telah mendunia dikalangan pecinta kopi. Kopi toraja merupakan jenis kopi arabika (Cofeea arabica) yang dapat tumbuh dengan baik di ketinggian 700 – 1.700 m dpl, dengan suhu rata-rata 16 – 20 °C beriklim kering selama 3 bulan per tahun berturut-turut.

Toraja adalah salah satu suku yang menetap di pegunungan bagian utara di Provinsi Sulawesi Selatan. Suku Toraja mendiami beberapa wilayah atau kabupaten, salah satunya adalah Tana Toraja. Toraja sangat terkenal dengan budayanya seperti dari segi arsitektur bangunan yaitu rumah adat Tongkonan, upacara kematian yang sangat unik, serta hasil budaya seperti ukiran-ukiran kayu yang sangat khas.

Sapan adalah daerah kecil sebagai pusat pengepul kopi yang berada di sekitarnya yang terletak di Kabupaten Toraja Utara. Kopi Sapan ditanam di lereng gunung Sesean yang membelah kabupaten Toraja Utara dengan ketinggian 1400 – 2100 mdpl. Nama kopi Toraja Sapan menjadi cukup terkenal saat Kopi Toraja Sapan menjuarai lelang kopi yang diadakan pada akhir tahun 2012.

Sejarah dari jenis kopi ini adalah berasal dari daerah Sapan. Jenis biji kopi  ini ditanam di sebuah daerah pegunungan yagn cukup tinggi dan berada di Sulawesi. Sapan adalah merupakan sebuah tempat kecil di Sulawesi yang merupakan nama tempat pengumpulan kopi yang ada di daerah sekitarnya. Sedangkan Toraja adalah merupakan nama daerah pegunungan diSulawesi, tempat tumbuhnya jenis tanaman kopi satu ini. Jenis kopi ini adalah merupakan salah satu jenis kopi yang cukup dikenal di kalangan pecinta kopi. Jenis kopi ini  juga mempunyai sebutan sebagai kopi Celebes Kalosi. Jenis kopi ini adalah merupakan kopi dengan kandungan asam rendah.

KELEBIHAN KOPI TORAJA SAPAN

Ciri khas dari jenis kopi Toraja ini adalah dikenal memiliki aroma bau harum yang khas. Selain itu jika dilihat di wilayah Sulawesi yang merupakan tempat geografis yang subur dapat membantu memproduksi beberapa macam jenis hasil sumber daya alam yang cukup dikenal di dunia sebagai penghasil rempah-rempah kelas dunia pada saat itu. Dengan rasa serta bau harum dari kopi telah dapat membuat jenis kopi ini telah dapat menjadi brand tersendiri.

Aroma wangi dari kopi ini langsung dapat tericum saat kita membuka kemasan dari kopi Toraja ini. Yang menarik adalah rasa kopi ini memiliki perbedaan dengan jenis kopi Indonesia lainnya. Jenis kopi ini bahkan juga telah dijual kenegara Jepang dan AS.

Bagi kita sebagai rakyat Indonesia tentu harus berbangga dengan adanya jenis produk kopi Toraja satu ini. Rasa dan juga kualitas dari jenis produk kopi ini adalah merupakan salah satu jenis kopi terbaik. Minuman kopi juga telah dikenal sebagai minuman yang telah dapat dinikmati oleh seluruh kalangan. Kita dapat menjumpai jenis minuman kopi ini dalam bentuk sachet di warung dan juga restaurant yang menyediakan minuman kopi ini.

Selain itu, jenis kopi yang ada di Indonesia juga dikenal memiliki berbagai macam jenis pengolahan jenis kopi yang berbeda-beda. Hal ini juga yang membuat rasa kopi terlihat mempunyai rasa yang unik diantara jenis kopi yang satu dengan kopi yang lainnya. Salah satu contoh adalah jenis kopi toraja.

Jenis kopi ini dikenal memiliki dua jenis kopi yang berbeda yaitu jenis kopi toraja arabika dan kopi Toraja Robusta. Kualitas dan juga rasa dari kopi Toraja ini sudah tidak diragukan lagi. Selain itu, kita juga mengenal berbagai macam jenis proses pengolahan kopi yang terlihat berbeda antara satu jenis kopi dengan kopi lainnya. Hal ini juga yang membuat rasa kopi terlihat memiliki cita rasa yang enak. Proses penyeduhan kopi di Indonesia juga dikenal memiliki berbagai macam cara penyeduhan.

Dengan makin berkembangnya industri kopi yang ada di Indonesia akan dapat berdampak positif terutama adalah bagi perekonomian Indonesia. Kita dapat melihat bagaimana industri kopi dapat membuka lapangan pekerjaan yang cukup banyak bagi petani kopi di seluruh tanah Air. Selain itu kita juga dapat melihat bahwa industri kopi juga telah banyak membantu Indonesia dapat tampil dengan penuh percaya diri terutama dari sisi produk kopi yang telah mendunia, salah satunya adalah produk kopi Toraja ini.

Kopi toraja sangat rekomended buat kalian para pecinta kopi.

Salam pecinta kopi !!!

There are no comments yet, add one below.

Berikan Komentar/Review Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Form yang wajib di isi ditandai *