• Jam Buka Toko: 08.00 s/d 17.00
  • Status Order
  • Tlp: 081234944443
  • SMS/WA: 081234944443
  • BBM : 5B21243B
  • isa.mansur24@gmail.com
Terpopuler:

Kopi Toraja Marinding

09 September 2015 - Kategori Blog

Sulawesi merupakan pulau terbesar keempat di Indonesia setelah Papua, Kalimantan dan Sumatera dengan luas daratan 174.600 kilometer persegi. Bentuknya yang unik menyerupai bunga mawar laba-laba atau huruf K besar yang membujur dari utara ke selatan dan tiga semenanjung yang membujur ke timur laut, timur, dan tenggara. Pulau ini dibatasi oleh Selat Makasar di bagian barat dan terpisah dari Kalimantan serta dipisahkan juga dari Kepulauan Maluku oleh Laut Maluku. Sulawesi berbatasan dengan Borneo di sebelah barat, Filiphina di utara, Flores di selatan, Timor di tenggara dan Maluku di sebelah timur.

Sulawesi atau Pulau Sulawesi adalah sebuah pulau dalam wilayah Indonesia yang terletak di antara Pulau Kalimantan di sebelah barat dan Kepulauan Maluku di sebelah timur. Dengan luas wilayah sebesar 174.600 km², Sulawesi merupakan pulau terbesar ke-11 di dunia. Pada jaman penjajahan kolonial belanda, pulau ini mendapatkan julukan Celebes yang merupakan sebutan lama dalam bahasa inggris. Potensi sumber daya alam sangat bervariasi, antara lain sektor pertanian, kehutanan, kelautan dan perikanan, peternakan dan perkebunan. Pada kolonial belanda juga kopi dari daerah ini bisa berkembang dan tersohor sampai kemancanegara sampai saat ini, karena tanaman kopi di daerah ini dapat berkembang dengan baik sehingga bisa menghasilkan biji kopi yang bermutu.

Pulau Sulawesi banyak menghasilkan varian kopi nusantara. Citarasanya pun berbeda-beda meskipun mereka berasal dari daerah yang sama. Diantaranya yaitu kopi toraja kalosi, toraja sapan, toraja marinding.

Tidak Banyak orang yang tahu mengenai kopi yang satu ini, karena keterbatasan produksi dan transportasi yang kurang memadai sehingga kurang begitu dikenal oleh masyarakat indonesia. Marinding adalah lembang di kecamatan Mengkendek, Kabupaten Tana Toraja, Sulawesi Selatan, Indonesia.

Kopi Toraja diklaim memiliki karakter yang khas. Salah satunya yaitu kandungan asamnya rendah. Jenis kopi Toraja pun beragam tergantung daerah pengghasilnya, antara lain Toraja Kalosi, Toraja Sapan, Toraja Marinding, Toraja Honey Process, dan Toraja Baruppu. Tanaman kopi yang ditanam mayoritas adalah kopi arabika. Kopi toraja memang sempat dijuluki Queen of Coffee.

Kopi toraja marinding memiliki karakter: excellent aroma and flavor, balance body and acidity, Caramel hints and long finish.

 

There are no comments yet, add one below.

Berikan Komentar/Review Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Form yang wajib di isi ditandai *